Program Pemerintah apakah yang dibutuhkan oleh Pengguna IoT dalam meningkatkan penetrasi IoT?

Dunia yang saat ini memasuki era revolusi industri 4.0, dimana menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, IoT dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation sehingga akan memaksa industri untuk bisa saling berkolaborasi antara penyedia jaringan, penyedia perangkat, penyedia aplikasi dan penyedia platform.

Internet of Things (IoT) merupakan sebuah istilah yang ramai menjadi materi diskusi namun masih minim pemahamannya. Internet of Things atau secara singkatnya dapat disebut dengan IoT merupakan komunikasi antar benda melalui jaringan seperti internet. Kehadiran IoT dianggap telah memberikan perspektif bisnis yang sangat menguntungkan bagi para pelaku industri ICT karena memberikan bantuan berupa kemudahan bagi manusia dalam menjalankan interaksi kehidupan sehari-hari. Visi dari IoT sendiri ialah Internet meluas ke dunia nyata dan menyatu dengan benda sehari-hari, baik dapat dikendalikan dari jarak dekat maupun jauh dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu.

Teknologi dan Layanan IoT diperkirakan akan menjadi “the next big thing” di dunia teknologi informasi, karena menawarkan banyak potensi yang belum tergali. Hal tersebut memerlukan antisipasi tidak hanya dari Kementerian Kominfo tetapi juga pihak lain yang terkait. Selain membutuhkan kolaborasi dengan berbagai elemen, namun juga membutuhkan masukan dan field experience dari pelaku industri, dan lainnya.

Selain dari itu, aselerasi pemanfaatan teknologi IoT oleh pelaku bisnis di Indonesia masih sangat rendah, sehingga benefit layanan IOT baik dari sisi ekonomi dan sosial tidak dapat dirasakan para pelaku bisnis. Pemerintah mempunyai peran besar dalam memberikan inovasi untuk meningkatkan penetrasi pemanfaatan IOT.

0 Komentar